Kertas yang bisa keluar suara. (Speaker setipis kertas).

Universitas Warwick di Inggris Raya memperkenalkan teknologi loudspeaker terbaru yang sangat tipis dengan ketebalan kurang dari seperempat milimeter sehingga jika ditempel di dinding, maka bisa menyatu seperti halnya sebuah wallpaper. Selain tipis speaker ini juga fleksibel, insinyur dari Warwick mengatakan kalau speaker ini dapat disembunyikan dengan rapi di langit-langit atau interior mobil yang permukaannya tidak rata sekalipun. Karena itu perangkat ini dinamakan FFL (Flat Flexible Loudspeaker)

Cara speaker bekerja ini adalah dengan mengubah sinyal elektrik ke dalam bentuk suara. Biasanya sinyal itu digunakan untuk menghasilkan berbagai medan magnet yang mana akan menggetarkan sebuah kerucut mekanik sehingga bisa menghasilkan suara. Teknologi yang menyusun FFL adalah material-material konduktor dan isolator yang tipis, kemudian dalaam pengembangannya menghasilkan sebuah lapisan yang flsksibel. Ketika lapisan ini aktif akibat dipicu oleh sinyal elektrik, lapisan tersebut akan bergetar dan menghasilkan suara. Level tekanan suara berkisar antara 80-105dB. Daya yang digunakan sangat kecil jika dibandingkan dengan speaker lainnya yang rakus daya. Speaker masa depan ini dipastikan akan memiliki harga yang terjangkau, karena berupa lapisan tipis sehingga proses pembuatannya lebih mudah dan cepat.

Sampai saat ini perusahaan Warwick Audio Technologies sedang melakukan negosiasi dengan beberapa perusahaan rekanan (OEM) dan direncanakan produk akan dijual pertama kali ke publik pada tahun ini. Sasaran penggunaan dari speaker FFL ini adalah untuk diaplikasikan pada daerah sekitar transportasi publik (terminal, stasiun, dll), otomotif, pendidikan, TI, multimedia, arsitektur dan dunia kesehatan.

Teknologi yang sangat menarik bukan? Jadi, jangan kaget jika suatu saat Anda mendengar suara-suara dari sebuah poster/ papan iklan yang ditempel di dinding.

Sumber: http://memangunik.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: