Komposisi Speaker

Ada 3 komposisi speaker yang banyak beredar di pasaran saat ini, yaitu 2.1, 5.1, dan 7.1.  Komposisi dengan kode dua angka yang dipisahkan oleh titik ini menunjukkan jumlah speaker. Angka yang pertama menunjukkan speaker satelit yang digunakan, sementara angka setelah titik menunjukkan jumlah subwoofer yang digunakan.

Komposisi speaker yang dibutuhkan minimal adalah 5.1, yaitu 5 speaker satelit yang berposisi 2 di belakang, 2 di depan, 1 di depan tengah, dan sebuah subwoofer bisa diletakkan di posisi mana saja.

Empat speaker yang berada di posisi pojok (2 depan dan 2 belakang) adalah speker yang menghasilkan efek 3 dimensi. Misalnya kita mendengar ketukan pintu di belakang kita, langkah kaki, atau suara kendaraan yang lewat dari depan ke belakang, atau dari kiri ke kanan. Satu speaker di tengah depan digunakan untuk menghasilkan suara percakapan manusia atau suara utama.

Sementara subwoofer menghasilkan suara deruman, gumam, bass, atau suara-suara dalam.

Speaker 5.1 biasanya dijual satu paket dekodernya. Jika ingin membeli speaker 5.1 tanpa dekoder, Anda harus mencari di toko-toko komputer. Harganya pun beragam, mulai dari Rp. 750.000,- hingga Rp. 2 juta lebih.  Speaker dengan rentang harga di atas mempunyai kualitas yang mirip, terutama pada speaker satelitnya. Memang ada bedanya, namun tidak terlalu signifikan.

Namun jika bicara tentang subwoofernya, bedanya cukup terasa. Makin mahal harganya, makin baik subwoofernya. Subwoofer yang baik terasa lebih empuk dan lebih luas.

Nah, speaker yang lebih berkualitas lagi rentang harganya sudah di atas Rp. 5 juta. Suara speaker satelitnya terasa lebih jernih, bening, lebih tajam, sementara jangkauan suara subwoofernya terasa lebih lebar, lebih empuk, dan lebih “terasa di mulut”.  Pokoknya, apapun yang Anda mainkan terasa berbeda, terasa lebih dekat.

Speaker 7.1 sama dengan speaker 5.1 tapi dengan tambahan 2 speaker di tengah kiri dan kanan. Kebanyakan gedung bioskop menggunakan komposisi ini, tapi untuk di rumah komposisi 5.1 saja sudah cukup.

 

Untuk memilih speaker, Anda cukup mempercayai telinga Anda. Cobalah semua speaker yang cocok dengan budget Anda. Pilih mana yang lebih cocok. Setelah itu cobalah speaker kelas atas macam Bang & Olufsen dan Harman Kardon. Nah, baru Anda bisa merasakan bedanya kualitas suara. Tapi jangan kaget, harganya membuat kita jadi berjengit seperti penyihir di Harry Potter mendengar nama Voldemort.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: